بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Bismillahirrahmanirrahim
Masalah Furuiah penggunaan kata "Sayyidina" dalam sehari-hari para ulama berbeda pendapat ada yang membolehkan ada yang tidak, lantas bagaimana jika digunakan dalam bacaan sholat attahiyat akhir. Dan apakah boleh kita menambahkan kata "Sayyidina" pada saat kita bershalawat pada nabi? Apa hukumnya?
"Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu." (An-Nisa: 171).
" Dalam sebuah hadits :
لاَ تُطْرُوْنِيْ كَمَا أَطْرَتِ النَّصَارَى ابْنَ مَرْيَمَ، إِنَّمَا أَنَا عَبْدٌ، فَقُوْلُوْا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُوْلُهُ.
"Janganlah kalian berlebih-lebihan memujiku, sebagaimana orang-orang Nasrani telah berlebih-lebihan memuji (Isa) putera Maryam. Aku hanyalah seorang hamba, maka katakanlah, 'Abdullah wa Rasuluh (hamba Allah dan RasulNya)'." (Muttafaq 'alaih). "
Ketika sebagian sahabat radiyallaahu ‘anhum berkata kepada beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam, "Engkau adalah sayyid (penghulu) kami " Spontan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab,
السَّيِّدُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى
"Sayyid (penghulu) itu adalah Allah Yang Mahasuci lagi Mahatinggi." (HR. Abu Daud).
Demikian pula ketika mereka mengatakan, "Dan engkau adalah orang yang paling utama dan paling agung kebaikannya " Serta merta beliau shallallaahu ‘alaihi wasallama mengatakan:
قُوْلُوْا بِقَوْلِكُمْ أَوْ بَعْضِ قَوْلِكُمْ، وَلَا يَسْتَجْرِيَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ
"Katakanlah sesuai dengan apa yang biasa kalian katakan, atau seperti sebagian ucapan kalian dan janganlah sampai kalian terseret oleh syetan." (HR. Abu Daud dengan sanad jayyid).
Sebagian orang berkata kepada beliau, "Wahai Rasulullah! Wahai orang yang terbaik di antara kami dan putera orang yang terbaik di antara kami! Wahai sayyid (penghulu) kami dan putera penghulu kami!" Maka seketika Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
يَا أَيُّهَا النَّاسُ قُوْلُوْا بِقَوْلِكُمْ وَلاَ يَسْتَهْوِيَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ، أَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ عَبْدُاللَّهِ وَرَسُوْلُهُ، مَا أُحِبُّ أَنْ تَرْفَعُوْنِيْ فَوْقَ مَنْزِلَتِيْ الَّتِيْ أَنْزَلَنِيَ اللَّهُ.
"Wahai manusia, ucapkanlah dengan ucapan (yang biasa) kalian ucapkan! Jangan kalian terbujuk oleh syetan! Aku (tak lebih) adalah Muhammad bin Abdullah, hamba Allah dan Rasul-Nya. Aku tak suka kalian menyanjungku di atas derajat yang Allah berikan kepadaku." (HR. Ahmad dan an-Nasa'i).
Al-Allamah Ibnul Qayyim al-Jauziyah dalam kasidah nuniyahnya berkata:
للَّه حَقٌّ لاَ يَكُـوْنُ لِغَـيْرِهِ وَلِعَبْدِهِ حَقٌّ هُمَا حَقَّانِ
لاَ تَجْعَلُوْا الْحَقَّيْنِ حَقَّا وَاحِدًا مِنْ غَيْرِ تَمْيِيْزٍ وَلاَ فُرْقَانِ
"Allah memiliki hak yang tidak dimiliki selainNya dan bagi hamba juga ada haknya, ia adalah dua hak (yang berbeda).
Maka jangan jadikan dua hak itu sebagai satu hak, tanpa memisahkan dan membedakannya."
Bolehkah Menambahkan kata “Sayyidina” dalam Shalat?
Ada sebagian anggapan bahwa menambahkan kata “Sayyidina” dalam shalat tidak diperbolehkan karena hanya boleh diucapkan diluar shalat. Benarkah mengucapkan kata Sayidina dalam shalat (tasyahud awal/akhir) tidak boleh? Yang boleh dan benar adalah diucapkan hanya diluar shalat?
Menyertakan kalimat “SAYYIDINA” dalam sighat shalawat atas Nabi ketika shalat tidak membatalkan shalat. Bahkan sebaliknya, mayoritas ulama seperti Ibn Dhahirah, Ibn Hajar, al-Kurdi, az-Zayadi, al-Halibiy dan lainnya menyatakan bahwa menyertakannya dalam sighat shalawat lebih utama daripada meniadakannya. Adapun hadits Rasulullah SAW dalam tatacara bershalawat berikut :
عَنْ أَبِي سَعِيدْ اَلْخُدْرِي قَالَ : قُلْنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ هَذَا السَّلاَمُ عَلَيْكَ فَكَيْفَ نُصَليِّ عَلَيْكَ ؟ قَالَ ( قُوْلُوا اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَباَرِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَآلِ إِبْرَاهِيْمَ )
Dari Abi Sa’id alkhudri berkata :” kami berkata kepada Rasulullah :” wahai Rasulullah, ini adalah salam untukmu, lalu bagaimana cara kami bershalawat kepadamu ?”, maka Rasulullah berkata :” ucapkanlah :
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا باَرَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمْ,
jika kita melihat hadits di atas, kita ketahui bahwa Rasulullah memerintahkan bacaan shalawat dengan tanpa menyertakan kalimat “SAYYIDINA”. Hal ini akan memberikan kesan bahwa para ulama’ yang berpendapat lebih utama bershalawat dengan menyertakan kalimat “SAYYIDINA” itu tidak melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW. Mereka berpendapat demikian mendasarkan pada“sulukul adab khoirun min imtitsalil amri” (adab kepada Rasulullah (dengan memanggil yang lebih mulia) adalah lebih utama daripada melaksanakan perintah beliau).
Namun sebagian ulama’ lainnya seperti alhabib Abdullah bin Alawi Al-Haddad mendasarkan pada “imtitsalul amri khoirun min sulukil adab” (melaksanakan perintah Rasulullah lebih utama daripada memperhatikan adab), sehingga mereka menyatakan bershalawat dengan tanpa menyertakan kalimat “SAYYIDINA” itu lebih utama daripada dengan menyertakannya. [1]
Adapun riwayat hadits yang dijadikan hujjah larangan mengucapkan kalimat “SAYYID” kepada Rasulullah oleh sebagian golongan adalah tidak benar dan batil. Hadits yang mereka maksudkan adalah :
{ لاَ تُسَيِّدُونِي فِي الصَّلاَةِ }
“ janganlah kalian mengucapkan kalimat “sayyid” kepadaku”
Hadits ini tidak memiliki dasar sama sekali, bahkan dalam segi bahasa termasuk kesalahan fatal yang tidak mungkin diucapkan oleh Nabi sebagai paling fasihnya orang arab dalam bertutur kata. Hal ini dikarenakan kalimat “sayyid“ berasal dari kata “ سَادَ – يَسُوْدُ “ , yang seharusnya ketika menginginkan makna seperti dalam hadits, maka dengan redaksi “ لاَ تُسَوِّدُوْنِي “ dan bukanlah dengan “ لاَ تُسَيِّدُونِي “ . Oleh karena itu, pernyataan ini tidak bisa dijadikan hujjah pelarangan memanggil “sayyid” kepada Rasulullah SAW. [2]
[1] حواشي الشرواني – (ج 2 / ص 86)
قوله: (على محمد) والافضل الاتيان بلفظ السيادة كما قاله ابن ظهيرة وصرح به جمع وبه أفتى الشارح لان فيه الاتيان بما أمرنا به وزيادة الاخبار بالواقع الذي هو أدب فهو أفضل من تركه وإن تردد في أفضليته الاسنوي.وأما حديث: لا تسيدوني في الصلاة فباطل لا أصل له كما قاله بعض متأخري الحفاظ وقول الطوسي: إنها مبطلة غلط شرح م ر اه سم عبارة شرح بافضل: ولا بأس بزيادة سيدنا قبل محمد اه. وقال المغني: ظاهر كلامهم اعتماد عدم استحبابها اه. وتقدم عن شيخنا أن المعتمد طلب زيادة السيادة وعبارة الكردي واعتمد النهاية استحباب ذلك وكذلك اعتمده الزيادي والحلبي وغيرهم وفي الايعاب الاولى سلوك الادب أي فيأتي بسيدنا وهو متجه اه. قال ع ش: قوله م ر:لان فيه الاتيان الخ يؤخذ من هذا من سن الاتيان بلفظ السيادة في الاذان وهو ظاهر لان المقصود تعظيمه (ص) بوصف السيادة حيث ذكر اهـ
مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج – (ج 2 / ص 400)
قَالَ فِي الْمُهِمَّاتِ : وَاشْتُهِرَ زِيَادَةُ سَيِّدِنَا قَبْلَ مُحَمَّدٍ ، وَفِي كَوْنِهَا أَفْضَلَ نَظَرٌ وَفِي حِفْظِي أَنَّ الشَّيْخَ عِزَّ الدِّينِ بَنَاهُ عَلَى أَنَّ الْأَفْضَلَ سُلُوكُ الْأَدَبِ أَمْ امْتِثَالُ الْأَمْرِ ؟ فَعَلَى الْأَوَّلِ يُسْتَحَبُّ دُونَ الثَّانِي . ا هـ . وَظَاهِرُ كَلَامِهِمْ اعْتِمَادُ الثَّانِي ،
إعانة الطالبين – (ج 1 / ص 201)
(قوله: وهو اللهم صل على محمد وعلى آل محمد، كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إلخ) قال في شرح البهجة الكبير ما نصه: وفي الاذكار وغيره: الافضل أن يقول: اللهم صل على سيدنا محمد عبدك ورسولك النبي الامي وعلى آل محمد وأزواجه وذريته كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم.وبارك على محمد النبي الامي وعلى آل محمد وأزواجه وذريته كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم. في العالمين إنك حميد مجيد. اه ع ش.
فتح المعين – (ج 1 / ص 200)
(ويسن أكملها في تشهد) أخير، وهو: اللهم صل على محمد وعلى آل محمد، كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم، وبارك على محمد وعلى آل محمد، كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم، إنك حميد مجيد. والسلام تقدم في التشهد فليس هنا إفراد الصلاة عنه، ولا بأس بزيادة سيدنا قبل محمد.
[2] أسنى المطالب – (ج 2 / ص 466)
قَالَ فِي الْمُهِمَّاتِ وَاشْتُهِرَ زِيَادَةُ سَيِّدِنَا قَبْلَ مُحَمَّدٍ وَفِي كَوْنِهِ أَفْضَلَ نَظَرٌ وَفِي حِفْظِي أَنَّ الشَّيْخَ عِزَّ الدِّينِ بَنَاهُ عَلَى أَنَّ الْأَفْضَلَ سُلُوكُ الْأَدَبِ أَمْ امْتِثَالُ الْأَمْرِ فَعَلَى الْأَوَّلِ يُسْتَحَبُّ دُونَ الثَّانِي انْتَهَى . قَوْلُهُ : فَعَلَى الْأَوَّلِ يُسْتَحَبُّ دُونَ الثَّانِي ) قَالَ ابْنُ ظَهِيرَةَ الْأَفْضَلُ الْإِتْيَانُ بِلَفْظِ السِّيَادَةِ كَمَا صَرَّحَ بِهِ جَمْعٌ وَبِهِ أَفْتَى الْجَلَالُ الْمَحَلِّيُّ جَازِمًا بِهِ قَالَ ؛ لِأَنَّ فِيهِ الْإِتْيَانَ بِمَا أُمِرْنَا بِهِ وَزِيَادَةَ الْإِخْبَارِ بِالْوَاقِعِ الَّذِي هُوَ أَدَبٌ فَهُوَ أَفْضَلُ مِنْ تَرْكِهِ ، وَإِنْ تَرَدَّدَ فِي أَفْضَلِيَّتِهِ الْإِسْنَوِيُّ .ا هـ .وَحَدِيثُ { لَا تُسَيِّدُونِي فِي الصَّلَاةِ } بَاطِلٌ لَا أَصْلَ لَهُ كَمَا قَالَهُ بَعْضُ مُتَأَخِّرِي الْحُفَّاظِ وَقَوْلُهُ الْأَفْضَلُ الْإِتْيَانُ بِلَفْظِ السِّيَادَةِ أَشَارَ إلَى تَصْحِيحِهِ
Kata “Sayyidina” dalam shalawat ketika Tahiyat
Bismillah was shalatu was salamu ‘alaa Rasulillah
Pertama,
Kita sepakat bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah
manusia terbaik, kekasih Tuhan semesta alam, yang akan menempati maqam
mahmud, nabi yang menebarkan rahmah, rasul hidayah, junjungan kita,
penghulu kita. Kita sepakat, Beliaulah sayyiduna (pemimpin kita). Semoga
Allah memberikan shalawat kepada beliau.
Bahkan Nabi Muhammad
shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri menegaskan bahwa beliau adalah
sayyid seluruh manusia. Beliau bersabda:
أَنَا سَيِّدُ وَلَدِ آدَمَ يَومَ القِيَامَةِ ، وَأَوَّلُ مَن يَنشَقُّ عَنهُ القَبرُ
“Saya adalah sayyid keturunan adam pada hari kiamat. Sayalah orang yang pertama kali terbelah kuburnya.” (HR. Muslim 2278)
Oleh
Karena itu, kita wajib mengimani bahwa beliau adalah sayyiduna
(pemimpin kita), sebagai ujud kita memuliakan Nabi Muhammad shallallahu
‘alaihi wa sallam.
Hakikat Gelar Sayyid
Kemudian, gelar
‘sayyid’ tidak hanya dikhususkan untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam. Kata sayyid bisa diberikan kepada para tokoh agama, diantaranya
adalah para sahabat. Karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
pernah menyebut beberapa sahabatnya dengan ‘sayyid’. Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda tentang Hasan bin Ali bin Abi Thalib:
إِنَّ ابنِي هَذَا سَيِّدٌ
“Sesungguhnya anakku ini adalah seorang sayyid (pemimpin).” (HR. Bukhari 2704)
Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah bersabda kepada orang Anshar,
untuk menghormati pemimpinnya, Sa’d bin Muadz radhiyallahu ‘anhu,
ketika Sa’d datang, beliau menyuruh orang Anshar:
قُومُوا إِلَى سَيِّدِكُم
“Sambutlah pemimpin (sayyid) kalian.” (HR. Bukhari 3073 & Muslim 1768)
Kemudian,
para sahabat juga menyebut sahabat lainnya dengan sayyid. Umar bin
Khatab pernah mengatakan tentang Abu Bakr dan Bilal:
أَبُو بَكرٍ سَيِّدُنَا وَأَعتَقَ سَيِّدَنَا : يعني بلال بن رباح
“Abu Bakr sayyiduna, dan telah memerdekakan sayyidana, maksud beliau adalah Bilal bin Rabah.” (HR. Bukhari 3754)
jika demikian, sangat layak bagi kita untuk menyebut manusia yang paling mulia dengan ‘sayyiduna’.
Hadis Abdullah bin Syikkhir
Sahabat Abdullah bin Syikkhir mengatakan,
انطَلَقتُ
فِي وَفدِ بَنِي عَامِرٍ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ
وَسَلَّمَ فَقُلنَا : أَنتَ سَيِّدُنَا . فَقَالَ : السَّيِّدُ اللَّهُ .
قُلنَا : وَأَفضَلُنَا فَضلًا ، وَأَعظَمُنَا طَوْلًا ( أَي شَرَفًا
وَغِنًى ) . فَقَالَ : قُولُوا بِقَولِكُم أَو بَعضِ قَولِكُم ، وَلَا
يَسْتَجْرِيَنَّكُمُ الشَّيطَانُ
Saya pernah menemui Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai utusan Bani Amir. Kami sanjung
beliau dengan mengatakan: “Anda adalah sayyiduna (pemimpin kami).”
Spontan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Assayidu Allah
(Sang Pemimpin adalah Allah).” Lalu aku sampaikan: “Anda adalah yang
paling mulia dan paling utama di antara kami.” Selanjutnya Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam menasihatkan: “Sampaikan perkataan kalian,
dan jangan sampai setan membuat kalian menyimpang.” (HR. Abu Daud, 4806
dan dishahihkan Al-Albani)
Hadis ini tidaklah menunjukkan
larangan menggunakan gelar ‘sayyidina’ untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam. Karena konteks ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
melarang sahabat Abdullah bin Syikkhir adalah kekhawatiran beliau ketika
pujian Abdullah bisa berlebihan, sehingga mengangkat beliau sebagaimana
layaknya Allah. Karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
mengarahkan kata ‘sayyid’ untuk Allah. Dalam rangka mengingatkan mereka
bahwa ‘as-sayid’ (pemimpin) mutlak hanyalah Allah Ta’ala. Oleh karena
itu, janganlah kalian berlebihan dalam memujiku, sehingga kalian
mengkultuskanku sebagai layaknya Tuhan.
Imam Ibnu Utsaimin mengatakan:
“Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melarang mereka untuk menyebut
beliau dengan sayyid. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengizinkan
mereka untuk mengucapkan hal itu, sebagaimana yang beliau sabdakan:
‘Sampaikan perkataan kalian’ namun beliau melarang agar jangan sampai
setan menyimpangkan mereka, sahingga mereka melebihkan gelar ‘pemimpin’
yang sifatnya khusus menjadi gelar ‘pemimpin’ yang berlaku mutlak.
Karena kata ‘sayyiduna’ [pemimpin kami] adalah gelar kepemimpinan khusus
yang dikaitkan dengan kata lainnya. Sementara ‘as-sayyid’ [Sang
Pemimpin] adalah gelaran yang mutlak (dan itu hanya milik Allah).”
(Al-Qoulul Mufid, 2/258).
Dalam Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah disebutkan:
Kaum
muslimin sepakat bolehnya memberikan gelar ‘pemimpin’ untuk Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan menjadikannya sebagai tanda untuk
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
As-Syarqowi mengatakan:
فلفظ ( سيّدنا ) علم عليه صلى الله عليه وسلم
Lafadz ‘sayyiduna’ adalah tanda untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah, 11:346)
Kedua,
Kita
memiliki satu prinsip, bahwa semua ibadah itu dibangun berdasarkan
dalil dan tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan ini merupakan
konsekuensi dari syahadat kita Nabi Muhammad adalah utusan Allah.
Terlebih ibadah shalat. Ucapan dan gerakan shalat, harus sesuai dengan
petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang beliau ajarkan kepada
umat, itulah tata cara yang terbaik, cara yang paling sempurna.
Oleh
karena itu, shalawat yang terbaik adalah shalawat yang diajarkan Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam. Disamping itu, tidak dijumpai adanya
dalil dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maupun sahabat, bahkan
sampai tabi’in sekalipun yang menambahkan lafadz “sayyiduna” sebelum
kata ‘Muhammad’ ketika membaca shalawat.
Al-Hafidz Ibnu Hajar
Al-Asqalani pernah ditanya tentang lafadz shalawat yang benar, baik
ketika shalat maupun di luar shalat. Apakah disyaratkan harus menggelari
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan ‘sayyidina’, misal dengan
mengucapkan: ‘shalli ‘ala sayyidina Muhammad’ atau ‘shalli ‘ala sayyidi
waladi adam’ ataukah cukup mengucapkan: “Allahumma shalli ‘alaa
Muhammad”?
Mana yang lebih afdhal, menambahkan lafadz ‘sayyid’
karena kata ini termasuk sifat yang melekat pada diri Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam? Ataukah tanpa diberi tambahan karena tidak ada dalil
dalam masalah ini?
Al-Hafidz Ibnu Hajar menjawab:
نعم اتِّباعُ الألفاظ المأثورة أرجح ، ولا يقال :
لعلَّه ترك ذلك تواضعاً منه صلى الله عليه وسلم كما لم يكن يقول عند ذكره :
صلى الله عليه وسلم ، وأمّتهُ مندوبة إلى أن تقول ذلك كلما ذُكر ؛ لأنَّا
نقول : لو كان ذلك راجحاً لجاء عن الصحابة ، ثم عن التابعين ، ولم نقِفْ في
شيءٍ من الآثار عن أحدٍ من الصحابة ولا التابعين أنه قال ذلك ، مع كثرة ما
ورد عنهم من ذلك.
وهذا الإمامُ الشافعي أعلى
الله درجته وهو من أكثر الناس تعظيماً للنبي صلى الله عليه وسلم ، قال في
خطبة كتابه الذي هو عمدة أهل مذهبه : ” اللهم صلِّ على محمد ، إلى آخر ما
أدَّاه إليه اجتهاده وهو قوله : ” كلما ذكره الذاكرون ، وكلما غفل عن ذكره
الغافلون ” ، وكأنه استنبط ذلك من الحديث الصحيح الذي فيه ( سبحان الله عدد
خلقه ) ،
وقد عقد القاضي عياض بابا في صفة
الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم في كتاب “الشفاء” ، ونقل فيه آثارا
مرفوعة عن جماعة من الصحابة والتابعين ، ليس في شيء منها عن أحد من الصحابة
وغيرهم لفظ : ” سيدنا ” ، والغرض أن كل من ذكر المسألة من الفقهاء قاطبة ،
لم يقع في كلام أحد منهم : ” سيدنا ” ، ولو كانت هذه الزيادة مندوبة ما
خفيت عليهم كلهم حتى أغفلوها ، والخير كله في الاتباع ، والله أعلم
Benar, mengikuti lafadz shalawat yang ma’tsur (sesuai
dalil) itu lebih didahulukan. Kita tidak boleh mengatakan: Bisa jadi
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengajarkan demikian karena
ketawadhuan beliau, sebagaimana beliau tidak membaca shalawat ketika
nama beliau disebut, sementara umatnya dianjurkan membaca shalawat
ketika nama beliau disebut. Kami beralasan, andaikan memberikan tambahan
‘sayyidina’ itu dianjurkan, tentu akan dipraktekkan para sahabat,
kemdian tabi’in. Namun belum pernah aku jumpai adanya riwayat dari
sahabat maupun tabiin yang mengucapkan kalimat itu. Padahal sangat
banyak lafadz shalawat dari mereka.
Lihatlah Imam As-Syafi’i
–semoga Allah meninggikan derajatnya– beliau termasuk orang yang paling
banyak mengagungkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun beliau
sampaikan dalam pengantar buku beliau, yang merupakan acuan pengikut
madzhabnya:
اللهم صلِّ على محمد ، إلى آخر ما أدَّاه إليه اجتهاده وهو قوله : ” كلما ذكره الذاكرون ، وكلما غفل عن ذكره الغافلون
Allahumma shalli ‘ala muhammad, sampai pada ujung usaha
perjuangan yang telah beliau tunaikan, yaitu ucapan beliau: ‘ketika
orang mengingatnya atau ketika orang lalai melupakannya.’
Al-Hafidz Ibnu Hajar berkomentar:
Seolah
Imam Syafi’i dengan pengantar tersebut mengambil kesimpulan dari hadis
shahih, yang terdapat lafadz; [subhaanallah ‘adada khalqih: Maha Suci
Allah, sebanyak jumlah bilangan makhluk-Nya].
Al-Qodhi ‘Iyadh –
ulama besar Madzhab Syafi’i –membuat satu bab khusus tentang cara
bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam kitab beliau
‘As-Syifa’. Beliau menukil beberapa hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam dari para sahabat dan tabiin. Dan tidak ada satupun riwayat dari
seorang-pun sahabat, maupun yang lainnya yang menyebutkan lafadz:
‘sayyidina’. Andaikan tambahan ini dianjurkan, tentu tidak mungkin tidak
diketahui oleh mereka semua, sehingga mereka melupakannya. Dan semua
kebaikan ada pada sikap mengikuti.” Allahu a’lam
Keterangan
beliau di atas dibawakan oleh As-Sakhawi dalam ‘al-Qoul al-Badi’dan
Muhammad Al-Gharabili (w. 835 H.) dan itu menjadi prinsip Ibnu Hajar,
sebagaimana disebutkan dalam salah satu manuskrip tulisan Al-Hafidz yang
ditemukan As-Syekh Al-Albani. Bisa disimak buku Sifat Shalat Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam (Hal. 172).
Disadur dari Fatwa islam: no. 84853
Di
antara shalawat yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
adalah riwayat dari Ibnu Abi Laila, bahwa beliau bertemu Ka’ab bin Ujrah
(shahabat), kemudian Ka’ab mengatakan, “Maukah kamu, aku beri hadiah?
Sesungguhnya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menemui kami, kemudian
kami bertanya, ‘Wahai Rasulullah, … Bagaimanakah bacaan salawat
kepadamu?’ Beliau bersabda, ‘Ucapkanlah, ‘Allahumma shalli ‘ala Muhammad
wa ‘ala ali Muhammad…‘.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Andaikan
tambahan kata “sayyidina” itu disyariatkan, sebagai bentuk rasa hormat
kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tentu Ka’ab bin ‘Ujrah,
seorang sahabat yang mulia, akan mengajarkannya kepada muridnya, karena
merekalah orang yang paling hormat dan paling tahu cara mengagungkan
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Setelah kita memahami bahwa
bacaan shalawat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memuat
tambahan “sayyidina” maka bacaan salawat ketika shalat tidak boleh
ditambahi “sayyidina”. Semua bacaan dalam shalat harus tepat sesuai
dengan bacaan yang disebutkan dalam dalil. Bahkan, sebagian ulama
menyatakan bahwa menambahkan lafal “sayyidina” dalam bacaan salawat
ketika shalat bisa membatalkan shalat.
Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasi Syariah).
Post a Comment