Shalat Sunnah Dhuha Yuks!

Yang dimaksud dengan shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan sewaktu matahari naik setinggi penggalah (antara jam 8.00 s/d 11.00 WIB). Mengenai hukum shalat Dhuha adalah sunnah sebagaimana kita ketahui selain shalat fardhu lima waktu hukumnya adalah sunnah. Mengenai waktu mengerjakan shalah Dhuha ialah pada waktu matahari mulai naik sepenggalah sampai matahari tergelincir (masuk waktu Dzuhur).

Cara Mengerjakan Shalat Dhuha
Adapun cara mengerjakan shalat Dhuha adalah sama seperti shalat-shalat sunnah lainnya, hanya saja berbeda pada lafazd niatnya.

Lafazd Niat Shalat Dhuha :
USHOLLI SUNNATADL DHUHA ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBARU. Artinya : “Saya berniat shalat Dhuha dua rakaat, karena Allah Ta’ala. Allaahu Akbar”.

Bilangan Rakaat Shalat Sunnah Dhuha :
Mengenai bilangan rakaat shalat Dhuha, paling sedikit dua rakaat dan paling banyak dua belas rakaat, sebagaimana sabda Rasulllah SAW : “Barangsiapa yang mengerjakan shalat Dhuha (sebanyak) dua belas rakaat, maka Allah akan membangun gedung baginya di surga”.

Anjuran Shalat Sunnah Dhuha
Hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang bersumber dari Abu Hurairah ra, ia telah berkata : “Telah berwasiat kepadaku orang yang saya kasihi (yaitu) Rasulullah SAW dengan wasiat tiga perkara : berpuasa tiga hari pada setiap bulan, shalat Dhuha dua rakaat dan dianjurkan supaya saya shalat witir sebelum tidur”.

Doa Setelah Shalat Sunnah Dhuha

Setelah mengerjakan shalat Dhuha dianjurkan berdoa seperti di bawah ini :

ALLAAHUMMA INNADL DHUHAA’A DHUHAA’UKA WAL BAHAA’A BAHAA’UKA WAL JAMAALA JAMAALUKA WAL QUWWATA. QUWWATUKA WAL QUDROTA QUDROTUKA WAL ‘ISHMATA ‘ISHMATUKA. ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIIS SAMAA’I FA ANZILHU WA IN KAANA FIL ARDLI FA AKHRIJHU WA IN KAANA MU’SIRON FA YASSIRHU WA IN KAANA HAROOMAN FA THOHHIRHU WA INKAANA BA’IIDAN FA QORRIBHU BI HAQQI DHUHAA’IKA WA BAHAA’IKA WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDROTIKA AATIMI MAA AATAITA ‘IBAADAKASH SHOOLIHINA”.

Artinya : “Ya Allah, Sesungguhnya Dhuha itu adalah Dhuha-Mu, Keagungan itu adalah keagungan-Mu, keindahan itu adalah keindahan-Mu, kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, kekuasaan itu adalah kekuasaan-Mu dan pemeliharaan itu adalah pemeliharaan-Mu. Ya Allah jika rezkiku berada di langit maka turunkanlah, jika didalam bumi, maka keluarkanlah, jika sukar, maka mudahkanlah, jika haram, maka sucikanlah dan jika jauh, maka dekatkanlah dengan kebenaran Dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu dan kekuasaan-Mu. Berilah saya seperti apa yang sudah Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh-shaleh”.


Tidak ada komentar