Sabtu, 07 Desember 2013

0 Iman dan Islam

IMAN dan ISLAM adalah bagaikan dua kutub yang berseberangan yang ada pada SATU mata uang logam, yang bila salah satu saja tidak dimiliki ...atau dimiliki tapi tidak murni ... tidak berkualitas ..... tidak utuh .... maka dapatlah dikatakan imannya rusak .... atau islamnya rusak.

Iman ...adalah dasar kepercayaan keyakinan yang HAKIKI akan ma'rifat (pengenalan kepada aapa yang diimannya .. meliputi ilmu Tauhid dan ilmu Syari'at) ilmu Tauhid ...harus dimiliki seseorang, untuk dapat melangkah lebih jauh kepada ilmu SYARIAT tata tertib cara pengamalannya.

Rukun iman .. inilah ....dasar ajaran Monoteisme Murni ...yang tidak pernah berubah sejak zaman Nabi Adam AS dan Siti Hawa RA.

Tauhidnya tidak pernah berubah ... yang berubah adalah Syariatnya dan do'a nama Shuhuf Kitabnya ...... dalam bahasanya masing-masing ... diimani Nabi Ibrahim AS ... Nabi Ya'qub A.S (Israel) ... NAbi Ishaq A.S ... Nabi Musa A.S ... NAbi Daud A.S ... Almasih 'Isa ibn Maryam A.S, .. NAbi Muhammad SAW.

Ma'rifat (ilmu Tauhid dan ilmu Syari'at) merupakan apa-apa yang diharuskan dimiliki untuk mencapai kepada keimanan yang murni ... ilmu Tauhid ........ Pengetahuan tentang yang Ghaib ... yaitu TUHAN SWT .. MALAIKAT ... Shuhuf (kitab ajaran) .... QODHA-QODAR ... AKHIRAT.

ketiga tersebut diatas adalah ghaib karena tidak nyata didunia orang hidup ... Qodha-Qodar TAQDIR berlaku pada manusia hidup (seluk beluknya tidak bisa diramalkan manusia) ... dan dari yang dua pertama .. Tuhan Pencipta Alam Semesta memberitahukan kepada MANUSIA yang hidup beraqal didunia fana ... melalui Shuhuf (kodifikasi kedalam kitab ajaran) .... tentang adanya Hukum Sebab-Akibat QODHA-QODAR (takdir, yang berlaku didunia fana) .. dan akibatnya di Hari KIYAMAT AKHIRAT .. yang hanya dapat ditempuh setelah kematiannya manusia.

Pemberitahuan itu tertera didalam setiap SHUHUF kitab ajaran agama Monoteisme Murni ... diketahui sejak Manusia pertama dan Kedua ada dimuka bumi yang tertutup ini.

Jadi mengenai RUKUN IMAN ... telah diketahui sejak Nabi Adam AS dan Siti Hawa AS ada ... dan terus berlanjut kepada keturunannya ... sampai pada (diantaranya) Nabi Idris AS .. Nabi Nuh AS .. Nabi Sholeh AS .. Nabi Luth AS... Nabi Ibrahim AS ... Nabi Ishaq AS .. Nabi Ya'qub AS .. Nabi Yusuf AS .. Nabi Musa AS sampai kepada Nabi Daud AS .. NAbi Sulaiman AS .. Nabi Zakaria AS .. Nabi Yahya AS .. Nabi Almasih 'Isa ibn Maryam .... dan terakhir pada Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Kepada semua Rasulullah Nabi yang ada didunia ini ... dari yang awal ... sampai kepada yang akhir ... , WAHYUNYA adalah sama yaitu TUHAN YANG MAHA ESA DAN MAHA KUASA ... Lailaha illa Allah (dalam bahasa Arab) ... tiada Tuhan selain Allah (dalam bahasa indonesia) ....... dalam bahasa ibrani .... dan dalam berbagai bahasa ....... kepada setiap Rasulullah dan Nabi ... KONSEP Konsepnya semua sama (konsep Ketuhanan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa .. konsep Rukun Imannya sama) .. .. ... walaupun dengan bahasa yang berbeda ... dan hanya APLIKASINYA atau SYARI'AT nya saja yang berbeda ... ... tata cara tertib sembahyang dan aturan-aturan lainnya yang berbeda pada setiap Rasul dan Nabi.

Yang nyata bagi kita MANUSIA manusia hidup ... adalah Shuhuf wahyuNya ... yang akhirnya dikodifikasi menjadi Al Qur'an ... .... dan penjelasan Rasulullah Nabi Muhammad SAW (Sunnah).

Setiap Rasul ... Nabi ...mengajarkan KEBAIKAN yang universal ... dimanapun .. kapanpun .. nilai kebaikan yang diajarkannya sama ... jangan menipu ... jangan berdusta ... jangan mencuri .... jangan berzina ... jangan berkata kasar ... jangan berkata kotor .... jangan marah .... jangan sombong ... jangan dengki .... jangan irihati .... jangan sakit hati ... jangan membunuh ... jangan minum minuman keras .... jangan skeptik ... jangan fanatik ... jangan mengkultuskan manusia ... jangan berjudi ... jangan dengki ... .... jangan bergunjing ... jangan memberhalakan sesuatu ... jangan membunuh diri ... jangan putus asa ... jangan berkeluh kesa .... jangan merusak dirimu sendiri ... jangan merusak / menyakiti orang lain ... peduli dan berjiwa sosial ... rendah hati ... santun ... cinta kasih terhadap makhluq dll.

Syari'at ISLAM ... atau rukun Islam ... yang POKOK (yang utama) adalah 5 perkara ... diantaranya :

Menetapi Janji pengakuan Bahwa Kita Ta'at tunduk dan Patuh pada Allah SWT yang Maha Esa dan Maha Kuasa ... kepada Shuhuf ajaran-Nya Kitab AL QUR'AN ... dan kepada Utusan-Nya Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

rendah hati ... tidak sombong .... tidak terikat kebendaaan ...... memberi dan penolong ..... Berbuat kebaikan .... Sholat ... Puasa ... Zakat Infaq Shodaqoh Qurban ... semuanya nyata diatur didalam Shuhuf Kitab Al Qur'an ... dan pelaksanaannya Penjelasan Penjabarannya melalui Sunnah Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Apabila Rukun IMAN dan Rukun ISLAM ... ada .. diketahui dan diamalkan seseorang ... dengan amat baiknya .... maka dapatlah orang tersebut disebut sebagai orang yang berTAQWA.

Setelah Mengetahui Rukun IMAN dan mengamalkan Rukun ISLAM .. tunduk pada kemutlakan hukum Allah .. ... orang tersebut akan tunduk pada hukum Alam .. Hukum Sebab-Akibat .. Qodha-Qodar TAQDIR ... sehingga dapatlah padanya disebut orang yang TAWAQAL ... orang yang berserah diri ... berserah diri kepada ketentuan Tuhan-Nya.

Lahir didunia .. Manusia terikat pada hukum RUANG dan WAKTU tertentu ... dari BAyi .. anak kecil .. MUDA dewasa ... setengah tua .. akhirnya menjadi TUA.

Selama hidupnya manusia ... melekat Bahagia dan Derita .. dialaminya bergantian .. diantaranya Kuat Lemah .. Sakit ... dan Kematian.

Semua Makhluq hidup ... membawa insting NALURI ... kehendak yang tidak disadarinya ... yang bersifat memaksa diluar kuasanya.

hanya MANUSIA saja .... sebagai satu-satunya Makhluq Hidup yang Beraqal Budi ... dapat berpikir dan merasakan .. mempunyai Naluri ... Kehendak yang disadarinya ... niat kehendak berprilaku ... berbuat sebebasnya ....... dapat berbuat sekehendak pikirannya dan perasaannya ... bebas KEBEBASAN berbuat dan berprilaku ... inilah yang diatur ... didalam setiap aturan didunia orang hidup ... didunia fana ... didalam Al Qur'an ... agar manusia itu mendapat keSENANGan dan keSELAMATan .... dapat mencapai Qodha-Qodar TAQDIR didunia dan SENANG dan SELAMAT di Akhirat ... dikehidupannya sesudah matinya didunia.

Apabila seseorang itu gila .. hilang akal ... tidak waras ... ada hambatan pada alat pikrnya pada otaknya ... tidur terus menerus KOMA ... maka padanya tidak ada kewajiban untuk belajar dan mengerjakan ajaran agama ... atau aturan didunia orang hidup.

Iman dan Islam ... TARGET tujuannya .... adalah Senang dan Selamat ... didunia dan juga di Akhirat.

Iman dan Islam adalah Cara atau jalan .. resep pedoman Petunjuk .. agar manusia tidak tunduk kepada Hawa Nafsu yang ada pada dirinya ... dan agar tidak tunduk pada keduniawian kenikmatan sesa'at .... dan tidak terikat pada ketidak kekalan didunia.

dari Rukun-rukun Iman dan rukun-rukun Islam yang POKOK itu .... tidak diamalkan ... tidak dijalankan ... apaBila salah satu saja tidak berkualitas .... tidak utuh .... tidak total .... tidak murni .... maka ... penyesalanlah yang didapat manusia itu kelak di Akhirat .... di neraka.

Didalam penjabarannya seringkali ilmu Syari'at ... dibelokkan oleh sekelompok orang ... kelompok aliran kepercayaan animisme ... yang disebut sebagai tarekat (tareqat) ... walaupun ada kesamaan kemiripan ... TETAPI tareqot (tarekat) BUKANlah ajaran islam ... bukan ajaran Al Qur'an ... bukan ajaran Rasulullah Nabi Muhammad SAW ... bukan ajaran monoteisme murni.

tarekot (tareQot) lebih ditujukan kepada ilmu kebathinan ... kekuatan ghaib ... guru ghaib ... mengekalkan mengabadikan manusia (khidr .. idris jesus) ... magis Takhyul Mistik ..... laduny .. kharomah ... ilmu hikmah ... ilmu kharomah ... ilmu hakekat ... keduniawian ... yang diperoleh diamalkan berdasarkan pendapat dan hawa nafsu manusia ... yang bekerjasama bersekutu dengan iblis.

pengkultusan ..... tawasul .. wasilah ... keterikatan yang sangat ... fanatisme buta ... kepada kelompok .. kepada sekte .. kepada aliran ... kepada imam ... kepada pemimpinnya .... menyebabkan manusianya ... riya' .. syirk .... tidak murni dalam beragama.

Iman dan Islam harus MURNI murni berdasarkan pedoman petunjuk Al QUr'an dan penjelasan Sunnah Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Menambah merubah membuat mengarang mengada-ngada suatu amalan syari'at ... adalah BID'AH KHIANAT ... merusak Tauhid .. merusak keta'atan ... merusak kemurnian ajaran agama.

Mengikuti agama warisan ajaran TURUNAN ketetapan keluarga ... yang ditentukan orang tua sejak KITA bayi ... kalau benar kita beruntung ... kalau salah ?
Berpikirlah sebelum waktu kita habis ... Renungkanlah selagi sempat !
ingat dan waspadalah ... Yang kita bawa ke akhirat ... itu diri kita sendiri! .. akibat prilaku kita .... akibat niat kehendak kita .... pikiran setiap manusia berbeda .. walaupun itu sesaudara .. sekeluarga ...


mengirimkan surat alfateha kepada arwah orang mati, mengkeramatkan kuburan ... mengekalkan manusia (khidr .. idris .. jesus) .... keterikatan fanatisme bangsa suku aliran sekte majelis jema'ah kelompok perkumpulan lembaga ... imam mahdi ... laduny ... kharomah ... memuja dan meminta kepada arwah khadam khorin ... mengagumi memuja mengkultuskan manusia imam pemimpin ... bukanlah ajaran Monoteisme Murni ... BUKAN ajaran Al Qur'an ... bukan ajaran Rasulullah Nabi Muhammad SAW ... bukan ajaran Islam.

Walaupun kamu dapat berjalan diatas air...apabila amalan syari'atmu tidak sesuai dengan Al-Qur'an dan tidak sesuai Sunnah ...maka kamu adalah syaitan.

hidup ini terbatas pada RUANG dan WAKTU tertentu ..... milikilah IMAN iman yang murni ..... milikilah ISLAM islam yang berkualitas! renungkanlah ... pikirkanlah!

Menyesalah sebelum terlambat!

Jangan biarkan WAKTU ... yang terbatas ... yang berharga ... BERLALU begitu saja ... tanpa ilmu dan pengetahuan yang benar dan tepat!

MURNIKANLAH PEMAHAMAN KEIMANANMU dengan pengetahuan yang obyektif tepat dan benar.

MURNIKANLAH AMAL IBADAH SYARI'ATMU .... jadikanlah ibadahmu berkualitas.
Iman dan Islam Title : Iman dan Islam
Description : IMAN dan ISLAM adalah bagaikan dua kutub yang berseberangan yang ada pada SATU mata uang logam, y...
Rating : 5


Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Rindu Tulisan Islam - All Right Reserved.