Kelebihan dan Pentingnya Sholawat

Allah Ta'ala telah berfirman : “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi, yakni Nabi Muhammad. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Q.S. Al-Ahzab: 56)

Dari Abdullah ibnu 'Amr ibnu Al-'Ash ra. bahwasanya ia mendengar Rasulullah s.a.w, bersabda : "Barangsiapa yang membaca shalawat kepadaku SEKALI, maka Allah akan memberinya shalawat (rahmat) SEPULUH KALI dengan satu shalawatnya itu." (H.R. Muslim)

Dari Ibnu Mas'ud ra. bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: “Orang yang PALING DEKAT denganku di Hari Kiamat nanti adalah dia yang paling banyak bershalawat kepadaku.” (H.R. Tirmidzi, dengan sanad hasan)

Dari Aus ibnu Aus ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda: "Sesungguhnya di antara hari-harimu yang paling utama ialah HARI JUM'AT, maka perbanyakkanlah membaca shalawat kepadaku pada hari itu. Karena sesungguhnya bacaan shalawat kalian akan disampaikan kepadaku!" Kemudian para sahabat bertanya: "Wahai Rasulullah, bagaimanakah shalawat kami akan disampaikan kepada Anda, sedangkan jasad Anda telah hancur?" Beliau menjawab, ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan jasad para Nabi bagi tanah.’" (H.R. Abu Dawud, dengan sanad shahih)

Dari Ali ra., katanya: "Rasulullah saw. bersabda: "Orang yang PELIT adalah orang yang tidak bershalawat kepadaku ketika namaku disebut disisiNya.” (H.R. Tirmidzi. Ia berkata, “hadits ini hasan shahih”)

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda : "Janganlah engkau semua membuat kuburku itu sebagai hari raya  yakni untuk tempat berkumpul-kumpul guna bersenang-senang. Bacalah shalawat padaku karena sesungguhnya bacaan shalawatmu semua itu dapat sampai padaku, DI MANA SAJA engkau semua berada." (H.R. Abu Dawud, dengan sanad shahih)

Dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Rasulullah saw. bersabda : "Tiada seorangpun yang memberi salam padaku, melainkan Allah mengembalikan ruhku, sehingga saya dapat MENJAWAB SALAM orang itu." (H.R. Abu Dawud, dengan sanad shahih)

Dari Syyidina Ali bin Abi Thalib: “Tiap-tiap doa itu masih tertutup, sehingga mengucapkan shalawat kepada Muhammad saw dan keluarga Muhammad”. (H.R. Thabrani)


P E N T I N G N Y A  S H O LA W A T

Membaca sholawat 10 kali, dan lebih utama apabila membaca “sholawat ibrahimiyah” (yang lengkap).

*Allahumma shalli wasallim ‘alaa nabiyyinaa Muhammad atau Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad atau bentuk bacaan sholawat yang lain” atau bentuk yang lengkap sampai “innaka hamiidummajiid”.

Keutamaannya: “Barangsiapa yang bersholawat sebanyak sepuluh kali saat pagi dan sore*, maka dia akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah saw. di hari Kiamat kelak.” (HR. Ath-Thabrani)

*pagi: setelah shalat Shubuh, sore: setelah shalat Ashar
 

Dimana hari Kiamat adalah hari dimana pertolongan ‘sangat sangat dan sangat’ dibutuhkan. Bahkan dalam sebuah H.R. (sebelum proses hisab) SEMUA NABI kecuali Nabi Muhammad saw berkata : DIRIKU… DIRIKU… DIRIKU… (Hanya Nabi Muhammad saw. yang berkata : umatku… umatku… umatku), itu artinya setiap orang (termasuk para Nabi bahkan Nabi selevel Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, sampai Nabi Isa) saat itu begitu khawatir dan menginginkan keselamatan bagi ‘dirinya sendiri’.

Hari Kiamat, karena amat terlalu susah yang melebihi kesusahan apapun di dunia, bahkan ada yang ingin segera diputuskan, meskipun masuk neraka ia rela.

Hari Kiamat saja sungguh meruntuhkan jantung, kengerian yang di luar bayangan manusia. PADAHAL, kengerian Neraka dibanding Hari Kiamat adalah bagaikan ukuran Galaksi Bimasakti dengan sebutir kelereng... (penulis tidak sedang me-‘lebay’! karena akhirat itu ~ (tak terhingga)

Kita dengan level ‘ecek-ecek [B.Jawa]’ dan berlumur dosa ini benar-benar harus meminta syafaat dari Rasulullah SAW, Pemimpin dari seluruh Nabi, Kekasih Sejati Allah SWT.

Ini sangat ringan, untuk bacaan sholawat yang pendek bisa dibaca hanya dalam 2 detik! Jika 10 kali hanya butuh 20 detik saja! Jadi, mari kita amalkan dengan tulus hadits tersebut, ‘mulai saat ini juga’ demi keselamatan dan keberuntungan di hari akhir kelak. (akan lebih bagus lagi bila menjadi tambahan bacaan ‘setiap’ usai shalat serta jadikan sebagai salah satu bacaan dzikir pilihan di luar waktu itu)

Sungguh syafaat Rasulullah jauh lebih berharga dari seluruh langit dan bumi beserta isinya

Dari semua tulisan mengenai sholawat (dahsyatnya sholawat, kelebihan sholawat dan pentingnya sholawat), dapat kita rangkum sebagai berikut :

1. Selain didoakan para malaikat lazim, 4 M a l a i k a t paling mulia, paling agung dan paling utama : Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail masing-masing memberikan janji dan jaminan luar biasa kepada orang-orang yang rajib bershalawat ke atas Rasulullah saw.

2. Allah akan memberi shalawat (rahmat) 10 k a l i  hanya dengan bershalawat 1 k a l i.

 
3. Orang yang paling dekat dengan Rasulullah adalah yang paling banyak bershalawat.

4. O r a n g P e l i t adalah orang yang tidak mau bershalawat.

5. Hari J u m 'a t agar diperbanyak shalawat.

6. Kapanpun, dimanapun, pada saat apapun shalawat kita p a s t i sampai kepada Rasulullah dan dijawab.

7. Doa masih t e r t u t u p tanpanya, dengan shalawat doa kita lebih mustajab.

8. Poin 8, poin dan kesimpulan paling utama :

Berdasarkan beberapa hadits, dapatlah kita katakan :
“Orang paling sial dan paling pailit sejagad raya adalah orang yang masuk surga, namun karena kedzalimannya ‘over’ sehingga pahalanya habis lalu dimasukkan ke neraka dan Orang paling beruntung sejagad raya adalah orang yang telah diseret ke neraka, namun karena ia rajin bershalawat kepada Nabi Muhammad, ia dibebaskan dari neraka karena syafaat Rasulullah”

Bahkan Dari Buku yang dikarang Abu Muhammad Abdul Haq al-Hasyimi menuliskan "40 Manfaat dan Keajaiban Membaca Shalawat" yaitu :
  1. Membaca shalawat sebagai bentuk realisasi ketaatan kepada perintah Allah Ta’ala.
  2. Mencontoh Allah dalam membaca shalawat.
  3. mencontoh para malaikat-Nya.
  4. Mendapat balasan sepuluh rahmah dari Allah setiap membaca sekali shalawat.
  5. Diangkat sepuluh derajat karena membaca sekali shalawat.
  6. Ditulis sepuluh kebaikan bagi yang membaca sekali shalawat.
  7. Dihapus sepuluh keburukan bagi yang membaca sekali shalawat.
  8. Menjadi sebab utama dikabulkan doa.
  9. Menjadi sebab meraih syafaat Nabi.
  10. Mendapat pengampunan dari Allah.
  11. Allah akan mencukupi hidupnya dari berbagai macam keluh kesah.
  12. Sebagai sebab dekatnya seorang hamba dengan Nabi Muhammad SAW nanti pada hari kiamat.
  13. Shalawat bisa mengganti dan menduduki ibadah shadaqoh.
  14. Menjadi sebab terpenuhi berbagai macam hajat kebutuhan.
  15. Meraih shalawatnya Allah dan shalawatnya para malaikat atasnya.
  16. Menjadi sebab seseorang meraih kesucian dan kemuliaan.
  17. Orang yang gemar membaca shalawat akan mendapat kabar gembira sebelum matinya.
  18. Akan meraih keamanan dan keselamatan dari rintangan hari kiamat.
  19. Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam akan menjawab shalawat dan salam kepada orang-orang yang membaca shalawat dan salam kepadanya.
  20. Bisa membantu seorang hamba mengingatkan sesuatu yang terlupa.
  21. Menjadi sebab berkahnya suatu majlis agar tidak kembali pulang dalam keadaan merugi dan cacat.
  22. Membaca shalawat mampu mengusir dan melenyapkan kemiskinan.
  23. Membaca shalawat mampu menghilangkan penyakit bakhil dari seorang hamba.
  24. Menjadi selamatnya seorang hamba dari doanya Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam yang buruk, karena beliau mendoakan celaka bagi yang mendengar nama disebut tidak membaca shalawat.
  25. Membaca shalawat menjadi jalan menuju sorga.
  26. Selamat dari busuknya majlis karena membaca shalawat.
  27. Membaca shalawat menjadi penyempurna bagi pembicaraan pada saat berkhutbah.
  28. Menjadi sebab sempurnanya cahaya seorang hamba pada saat meniti titian.
  29. Membaca shalawat akan mengeluarkan seseorang dari sifat kasar dan keras kepala.
  30. Menjadi sebab langgengnya pujian Allah atasnya.
  31. Mendatangkan keberkahan kepada orang yang membaca shalawat.
  32. Orang yang membaca shalawat akan meraih rahmat dari Allah.
  33. Sebagai bukti cinta Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam secara abadi.
  34. Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam akan selalu mencintai orang yang membaca shalawat.
  35. Menjadi sebab seorang hamba meraih hidayah.
  36. Nama orang yang membaca shalawat akan disampaikan kepada Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam
  37. Menjadi sebab teguhnya kaki pada saat meniti titian.
  38. Dengan membaca shalawat berarti seseorang telah menunaikan haknya Nabi Muhammad SAW atasnya.
  39. Mengandung dzikir dan syukur kepada Allah.
  40. Shalawat adalah doa karena dengan membaca shalawat berarti telah memuji khalilullah dan kekasih-Nya. Dengan itu berarti telah mendoakan baik untuknya.

Tidak ada komentar