Jumat, 08 Maret 2013

0 Mandi Junub di Hari Jumat

Sholat Jumat selalu dibarengi dengan mandi. Dan ‘mandi’ di dalam Islam, ada yang tidak sekadar mandi. Ada yang namanya ‘mandi junub’. Dan mandi junub dengan malam Jumat juga sangat identik. Kita tentu paham anjuran hadist berjima dengan istri di malam Jumat.

Para ulama sepakat bahwa mandi hari Jum’at bagi orang yang akan menghadiri shalat Jum’at disyari’atkan. Mandi ini menjadi keistimewaan hari Jum’at. Karena pentingnya, kita dapatkan beberapa hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sangat menekankannya. Bahkan sebagian riwayat, secara dzahir menyebutkan kata wajib. Karenanya sebagian ulama berpendapat hukum mandi di hari Jum’at adalah wajib. Namun, mayoritas mereka berpendapat sunnah mu’akkadah (sangat-sangat ditekankan) setelah mengkomparasikan beberapa hadits tentang mandi di hari Jum’at ini.

Nah, apakah dibolehkan melaksanakan mandi junub sekaligus merangkap mandi untuk shalat Jum’at, mandi setelah habis masa haidh dan masa nifas?

Barang siapa yang diwajibkan baginya untuk melaksanakan satu mandi wajib atau lebih, maka cukup baginya melaksanakan satu kali mandi wajib yang merangkap mandi-mandi wajib lainnya, dengan syarat dalam mandi itu ia meniatkan untuk menghapuskan kewajiban-kewajiban mandi lainnya, dan juga berniat untuk dibolehkannya shalat dan lainnya seperti Thawaf dan ibadah-ibadah lainnya. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Setiap perbuatan itu tergantung pada niat, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan bagian sesuai dengan yang diniatkannya,” (Muttafaqun ‘Alaih).

Karena yang hendak dicapai dari mandi hari Jum’at bisa sekaligus tercapai dengan mandi junub jika bertetapan harinya. (Fatawa Al-Lajnah Ad-Da’imah, 5/328)

Disalin dari buku Al-Fatawa Al-Jami’ah Lil Mar’atil Muslimah edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita.

L♥ve and respect ;
Success is Syari'at Islam, not the other!
Feel Free To Comment ✔ Share ✔
Mandi Junub di Hari Jumat Title : Mandi Junub di Hari Jumat
Description : Sholat Jumat selalu dibarengi dengan mandi. Dan ‘mandi’ di dalam Islam, ada yang tidak sekadar ma...
Rating : 5


Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Rindu Tulisan Islam - All Right Reserved.