Minggu, 17 Maret 2013

0 Berita Hoax Kubah Masjid Nabawi di Madinah

Berita Bohong atau Hoax di dalam Kubah Mesjid Nabawi ada makam manusia yang memanjat kubah hijau Masjid Nabawi padahal sebenarnya adalah jendela mesjid diatas kubah.
Pada Masjid Nabawi ini ada bangunan kubah berwarna hijau yang terlihat megah dimana dibawah kubah ini bersemayam jasad Rasulullah SAW dan dua orang sahabat beliau yaitu Abu Bakar Siddiq ra dan Umar bin Khatab ra..Qubbatul Khadhra' (kubah hijau atau Green Dome ) ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mahmud pada tahun 1233.
Mungkin sedikit dari para jamaah yang berkesempatan menunaikan ibadah umrah maupun haji yang  memperhatikan kubah masjid Nabawi yang berwarna hijau, dimana di atas kubah ini ada semacam tambalan kecil yang dilihat dari kejauhan, dan ini dijadikan topik dengan berbagai cerita yang terus berkembang. Jika Anda searching menggunakan kata kunci "misteri mayat di atas kubah Masjid Nabawi", maka begitu banyak artikel yang memposting tentang hal ini.

Perhatikan bagian yang kecil darikejauhan di atas kubah tersebut, dan kalau di zoom akan nampak seperti gambar di bawah ini :




Berita yang dapat Anda baca kurang lebih sebagai berikut :

"Terakhir ada seorang manusia yang memanjat kubah hijau Masjid Nabawi untuk dihancurkan, lalu disambar petir secara tiba-tiba dan mati. Mayatnya melekat pada kubah hijau tersebut dan tidak dapat diturunkan sampai sekarang. Syekh Zubaidy, ahli sejarah Madinah menceritakan ada seorang soleh di kota Madinah bermimpi, dan terdengar suara yang mengatakan "Tidak ada satu orang pun yang dapat menurunkan mayat tersebut, agar orang yang belakangan hari dapat mengambil, i'tibar".

Ada juga yang bahkan membuat fitnah ke atas ulama salaf sbb :

Di sinilah kesalahan ulama besar Muhammad bin Abdul Wahab (1703 m – 1787 m) dalam memberantas khurafat yang terjadi di Makkah dan Madinah. Sampai-sampai kuburan Nabi pun jika perlu dipindahkan dan kubah yang menaunginya dihancurkan. Allah Swt menunjukkan kekuasaan-Nya dengan “menembak mati” orang yang diberi upah untuk merobohkan kubah hijau Masjid Nabawi dengan sambaran kilat, sehingga tidak ada satu orang pun yang mampu menurunkan mayatnya hingga sekarang. Walaupun peristiwa sudah berlalu 90 tahun, namun Allah Swt tetap memperlihatkan yang benar itu benar dan yang salah itu salah (kisah ini diceritakan oleh Syekh Azzubaidi, ahli sejarah di Madinah Al-Munawwarah).

Semua begitu mudahnya tersebar berita bohong/hoax.tanpa tahu sumbernya dari mana.

Sumber cerita yang mereka posting inipun tidak jelas darimana dan siapa itu Syekh Azzubaidi karena tidak ada dalam catatan sejarah, sehingga sulit dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Mari kita lihat bukti yang ada,
Dari lay out bangunan di atas sangat jelas bahwa yang dimaksud dengan misteri tersebut tidak lain adalah jendela. Ini menjadi pelajaran bagi kita untuk tidak mudah mempercayai hal-hal tahayul dan kurafat, apalagi sampai membuat cerita yang bersifat fitnah. Naudzubillah. Allahu a'lam.

Jika Anda punya kesempatan berkunjung ke Masjid Nabawi bisa melihat bentuk kubah hijau ini dan juga tidak salahnya mencari informasi yang benar tentang berita  tersebut.
  
Allahua'lam
Berita Hoax Kubah Masjid Nabawi di Madinah Title : Berita Hoax Kubah Masjid Nabawi di Madinah
Description : Berita Bohong atau Hoax di dalam Kubah Mesjid Nabawi ada makam manusia yang memanjat kubah hijau ...
Rating : 5


Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Rindu Tulisan Islam - All Right Reserved.