Kamis, 02 Januari 2014

0 Apa yang Quran Katakan Tentang Dinosaurus?


Mungkin anda bosan dengan postingan saya yang hanya berkaitan dengan masalah-masalah seputar : ahlak, akidah, tarbiyah. uslub, dakwah, fikrah, renungan ataupun motivasi.

Nah bila suatu ketika a n a k anda bertanya kepada anda tentang "D i n o s a u r u s" yang dilihat di Film ataupun yang dilihatnya di "D u f a n", nah bagaimana jika A n a k anda bertanya dengan dikaitkan dengan Islam (al Quran) dari S e g i - I l m u - P e n g e t a h u a n ?

Apa yang Quran Katakan Tentang Dinosaurus? Bagaimana a n d a bisa menjelaskannya.

Islam setuju dengan ilmu pengetahuan, apakah itu yang jadi masalahnya, kita telaah ayat ini dimana menjelaskan :

سبحان الذي خلق الأزواج كلها مما تنبت الأرض ومن أنفسهم ومما لا يعلمون

(QS. Ya sin 36 : 36) : "Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui". (http://quran.com/36/36)

والخيل والبغال والحمير لتركبوها وزينة ويخلق ما لا تعلمون

(Qs.An-Nahl 16 : 8) :" ....Dan Dia menciptakan hal-hal lain yang kamu tidak mengetahuinya."

Alasan orang tidak menemukan ayat tentang dinosaurus bisa disebabkan oleh fakta bahwa mereka belum memahami seluruh Quran. Juga, banyak orang hanya akan mengatakan itu tidak ada karena mereka tidak melihat atau membaca Al Quran seluruhnya sementara pemahaman ayat untuk bisa mengatakan hal itu.

Istilah 'd i n o s a u r u s' juga merupakan kata modern dari apa makhluk yang disebut ribuan tahun yang lalu.

Kita juga tidak tahu apa makhluk Dinosaurus tersebut karena kita (bani Adam) hidup setelah zaman prasejarah, tapi kita hanya bisa mempelajari Quran lebih lanjut untuk membuat keputusan ini, jika memang ada dalam Quran.

Sebagai contoh, banyak orang menggunakan alasan bagaimana tidak ada ayat yang menyiratkan bahwa perempuan harus mengenakan Hijab (jilbab) dan menunjukkan hanya satu ayat (ayat) yang memberitahu perempuan untuk berpakaian sopan. Tentu saja, yang didasarkan pada pengetahuan mereka tentang Quran, sedikit yang mereka tahu bahwa ada dua versi yang berhubungan dengan jilbab dan membuatnya wajib. Hanya karena mereka tidak tahu tentang hal itu, tidak berarti itu tidak ada.

Sehari-hari atau setiap dekade, kita menemukan sesuatu yang baru. Apakah itu pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang ayat tafsirkan  berarti atau pergeseran lengkap dalam pandangan kita. Islam yang berumur lebih dari 1400 tahun dan sampai hari ini kita masih menemukan sesuatu yang baru dan kita masih belum sepenuhnya memahami al Quran. Beberapa ayat memiliki implikasi keterkaitan, dalam arti  pesan lain.

Sekarang, itu tidak membuktikan bahwa ada ayat tentang dinosaurus dalam Quran, tapi menunjukkan bahwa mungkin benar-benar ada dalam Quran, tetapi belum diidentifikasi oleh anda.

Kita tidak tahu apa yang mereka sebut sebagai 'dinosaurus' ada dalam Quran, tetapi kita tahu bahwa ada ayat yang membahas "Dabbah / makhluk raksasa / binatang melata" yang ada dalam ayat al baqarah 2 : 164 dari Al Qur'an sebagai berikut :

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir".

Kata yang sama 'Dabbah / mahluk melata' digunakan dalam  An-Nûr ayat 24 : 45 : "Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ada ayat lain dalam Quran yang saya temukan sangat menarik di dalam surah Al Araf : 56 (http://quran.com/7/56)

"Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya...." Ini mengandung arti Allah telah "mengatur kembali / memulihkan kembali / memperbaiki kembali".

Dan  menunjukkan telah terjadi keributan atau beberapa peristiwa bermasalah di bumi dan kemudian oleh Allah SWT dipulihkan. Ini merupakan peringatan orang-orang beriman untuk tidak menimbulkan kerusakan di bumi.

Dan mungkin, itu bisa berarti sesuatu yang berbeda. Tapi, saya percaya dari apa-apa yang tersirat maupun yang tidak tersirat walaupun al Quran dimaksud sebagian besar untuk menuntun orang yang / untuk  beriman,  namun al Quran dapat menjelaskan hal tersebut, mungkin ada beberapa ayat yang menjelaskan lebih lanjut kemungkinan kehidupan jutaan tahun yang lalu. (dediesmd, januari, 02, 2014)

Demikian penjelasan saya mudah-mudahan ada manfaatnya.
Apa yang Quran Katakan Tentang Dinosaurus? Title : Apa yang Quran Katakan Tentang Dinosaurus?
Description : Mungkin anda bosan dengan postingan saya yang hanya berkaitan dengan masalah-masalah seputar ...
Rating : 5


Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Rindu Tulisan Islam - All Right Reserved.