Download Ceramah Dampak Sholat

Sholat sebagaimana yang kita ketahui adalah amalan manusia yang akan pertama kali dihisab oleh Allah SWT pada Hari Kiamat. Sholat juga merupakan indikator tegak dan runtuhnya Islam seseorang. Namun demikian, semestinya bukan hanya itu yang harus seorang Muslim sikapi terhadap kewajiban Sholat ini. Tetapi apa dampak dari Sholat yang dia lakukan minimal 5 kali sehari semalam itu bagi kehidupan saat ini di dunia dan bagi keberuntungan di Hari Akhirat kelak. Sebagaimana pula apa dampaknya terhadap perbaikan kepribadian, kedewasaan sosial dan interaksi antara dia dengan alam sekitarnya.

Tentu ketika Allooh  memerintakan manusia untuk Sholat, pastilah banyak pelajaran yang harus dipetik oleh manusia, jika manusia mau untuk merenungkan dan menghayatinya. Sebab sebagai suatu contoh, kaitan Sholat antara manusia dan Allooh  adalah bahwa manusia dididik, dibiasakan oleh Allah  untuk supaya dia terbiasa untuk tunduk dan patuh kepada perintah Allah , bahkan mengingat Allah.

Sedangkan kaitan Sholat dengan kehidupan pribadinya adalah bahwa Sholat itu bentuk pengaduan dan pengajuan seorang hamba terhadap Allah atas kebutuhannya yang sangat banyak di dunia ini. Bahkan Sholat membentuk kepribadian antara dia dengan alam sekitarnya. Sholat itu mendidik manusia supaya biasa peduli, supaya manusia mempunyai jiwa solidaritas dengan sesamanya, dan agar manusia menegakkan amar ma’ruf dan nahi mungkar.

Singkat kata, orang yang Sholat akan tetapi tidak ada dampak dalam kehidupannya, berarti sholat-nya mandul. Harus dikoreksi dan diperbaiki.

Simaklah audio khutbah Jum’at berikut ini 


Download: 

Tidak ada komentar