Minggu, 07 April 2013

3 Buletin Tanya Jawab Ustadz Achmad Rofi’i 226-250

226. Aslm ustad, ana putri, mau tanya ustad, jika sholat jamak takhir, misal maghrib dengan isya, yang harus dikerjakan terlebih dahulu shalat isya atau maghribnya ya ustd?
Syukron..
JAWAB: MAGHRIB TERLEBIH DULU

227. Aslmlkm  saya minta usulan dari ustad nama-nama yang baik untk calon anak saya, insya Alloh perempuan tolong nama2 sekalian dengan artinya, syukron ustad
JAWAB: HALIIMAH (= LEMBUT) ATAU AFIIFAH (=ORG YG BERSIH HATINYA) ATAU NAMA2 SEPERTI WANITA PENGHUNI SURGA SPT: FAATHIMAH, AASIYAH, MARYAM, KHODIIJAH

228. Tanya: bolehkah tahyamum digunakan untuk 2x kewajiban.
JAWAB: TAYAMMUM ITU SAMA SEPERTI WUDHU, JIKA BELUM DITEMUKAN AIR
229. Assalamu’alaikum.wr.wb Saya mau tanya mengenai UJIAN NASIONAL ,kemrin tahun 2011, saat melaksnakn ujian kemaren saya mendapatkan bocoran dari guru padahal saya sudah niat tidak akan menggunakan bocoran itu, tapi saat ujian tiba-tiba iman saya lemah & saya ikut menggunakan bocoran jawaban itu. Bagaimana kalo saya mencari pekerjaan dengan ijazah tsb, padahal sekarang sulit mencari pekerjaan tanpa ijazah & bagaimana hasilnya & bagaimana agar dosa saya bisa diampuni. Atas jawabannya, saya ucapkan banyak terimaksh.
JAWAB: KALAU ANDA YAKIN BHW PD UJIAN MATA PELAJARAN TSB, JIKA TANPA BOCORAN ANDA JUGA TETAP BISA LULUS/ BISA MENGERJAKAN SOAL, MAKA GUNAKAN SAJA IJAZAH TSB & BERTAUBATLAH PD ALLAH

Menyambung lagi pak ustad, Kemarin saya pda pertolongan Allah saja apabila tidak menggunakan bocoran. Sedangkan secara nalar saya memang benar2 kesulitan dalam mengerjakan soal dan mungkin mustahil untuk lulus. Lalu bagaimna? Apa yang harus saya lakukan. Terima kasih.
JAWAB: HUKUM ISLAM TIDAK BOLEH DITAWAR. HALAL & HARAM SUDAH JELAS

230. Kalo saudaranya istri, itu termasuk mahram bukan pa ustad. Baarakallohu fiikum.
JAWAB : BUKAN

231. Salam ustad apa hukumnya poligami tanpa ijin istri pertama? Terimaksh, wassalam JAWAB : NIKAH POLIGAMI ITU ADALAH MERUPAKAN HAK SUAMI. SECARA SYARIAT ISLAM,  TIDAK ADA KEWAJIBAN UTK MEMINTA IZIN PD ISTRI PERTAMA

232. Ass  Wr, Wb. Pak ustad, Saya mau tanya apakah wanita/perempuan boleh atau tidak boleh ikut ke acara penguburan (terutama bila itu adalah suami atau anak kandung kita sendiri)? Apa hukumnya dan mengapa? Sebelumnya trmksh ya ustad, Wass Wr. Wb.
JAWAB: WANITA DILARANG KE KUBURAN BAHKAN DIKUTUK OLEH ALLAH KARENANYA PATUHILAH & CUKUPLAH BERPISAH DENGAN MAYIT DI RUMAH SEBELUM DIANTAR KE KUBURAN TSB.

233. Asalamu’alaikum ustad apa hukumnya uang jamsostek?
JAWAB : KALAU UANG ITU BERASAL DR UANG POKOK YG KITA BAYARKAN MAKA BOLEH.

234. Asslmkum. Maaf pak ustad ganggu saya hamba Allah di pklongan mau nanya pak ustad gimana sih cara kita bersabar dalam menghadapi cobaan ini?
JAWAB: 1) BERBAIK SANGKALAH  PD ALLAH BHW COBAAN ITU BUKAN UTK MEMOJOKKAN ANDA, TP BISA JADI UTK MENINGGIKAN DERAJAD ANDA,  2) RENUNGKAN & CERMATI BHW MASIH BANYAK ORG YG LEBIH SUSAH DR KITA,  3) COBAAN YG KITA ALAMI ITU SUNGGUH SANGAT KECIL HARGANYA JIKA DIBANDINGKAN DG SURGA & SEGALA ISINYA

235. Assalamualaikum pak ustad saya punya orangtua, beliau suka kirim hadiah pada yang meninggal dengan membaca qur’an & didepannya tersedia makanan & minuman tapi kalau sudah selesai makanannya dimakan sama-sama. Apakah perbuatan orang tua saya ini termasuk perbuatan yang syirik? dan bolehkah saya ikut makan makanan tersebut. Saya tidak bisa nasehtin orangtua saya karena kalau saya nasehatin malah saya yang dimarahin. Mohon solusinya ya pak ustad. Wasalam.
JAWAB: TERGOLONG BID’AH. JANGAN IKUT MAKAN.  MAKAN SAJA MAKANAN YG LAIN
236. Assalaamu’alaikum. Ustadz, boleh tidak kita menerima & makan “besek” atau makanan yang diberikan oleh orang pada perayaan acara bid’ah (maulidan, tahlilan,dsb). Orang yang memberikan itu ada yang awam & ada yang sudah mengerti manhaj. Boleh tidak kita memakan & menerimanya? Syukron.
JAWAB: KESALAHAN YG DILAKUKAN OLEH ORANG YG SUDAH TAHU ADALAH LEBIH BESAR DOSANYA DARI ORANG YG BELUM TAHU

237. Assalamuaikum ustad. Apakah kita harus mengusap muka setelah selesai sholat
JAWAB: TIDAK

238. As wr.wb ustad ana mau tanya bagaimana hukumnya  wudhu bagi wanita  apabila sedang haid, mubah atau dianjurkan (sunnah)
JAWAB: MUBAH

239. Ass..Pa Ustadz mau tanya. Ini yang pertama adakah doa sebelum adzan? Yang ke-2, apakah dzikir setelah shalat jum’at sama dengan zikir fardu lainnya, trimakash pak ustad
JAWAB: 1) TIDAK ADA, 2) BENAR

240. Bismillah, afwan pa ustad, kalo yang disebut mahram itu yang bagaimana ya, ana kurang paham.
JAWAB: MAHRAM ITU ADALAH ORANG YG TIDAK BOLEH DINIKAHI.

241. Ustad, apa benar kalau kita sering baca qur’an akan jadi penerang di alam kubur kita? syukron.
JAWAB: BENAR

242. Ustaz ana yang kemaren di operasi, ana mau nanya bagaimana caranya kalau ana habis bersetubuh ama istri ana mau mandi junub tapi dibadan ana banyak perbannya ga boleh kena air, sementara ana sholat bagaimana caranya
JAWAB : TAYAMMUM

243. Assalamu’alaikum ustad, saya minta rekomendasi buku tentang panduan sholat sesuai sunah rosul, terimakasih atas jawabannya.
 JAWAB: BUKU 1) “SHIFAT SHOLAT NABI” TULISAN : SYAIKH NASIRUDDIN AL ALBANY;  2) BUKU TENTANG PANDUAN SHOLAT OLEH SYAIKH UTSAIMIN;  3) KITAB “AL WAJIZ” OLEH ‘ABDUL ‘AZHIM BIN BADAWI AL-KHALAFI.

244. Assalamu’alaikum ustad, kapan lagi ada ceramah tata cara shalat?
JAWAB : INSYA ALLAH MEMBAHAS TATA CARA SHOLAT

245. Ass.. Pak ustadz saya pak subarnas di cikarang saya mau tanya kalo mengganti sholat jum’at misal saya sakit kan masjidnya jauh, terus apakah niatnya niat zduhur apa jum’at? Terima kasih sebelumnya wassllm..
JAWAB: BILA SAKIT/UDZUR, MK  SHOLAT  JUMAT  DIGANTI  DG SHOLAT DZUHUR. TAPI  TIDAK ADA QODHO

246. Ass, Ustad saya Tahajjud jam 3.30 itu sah nggak? Terus kalau jamaah dengan LDII mereka selalu ingin jadi imam kalo tidak mereka tidak mau jamaah, bagaimana menyikapinya. Syukron.
JAWAB: 1) SAH   2) JANGAN JADIKAN LDII SEBAGAI IMAM SHOLAT ANDA & TANYAKAN APA DALIL MEREKA SHG TIDAK MAU BERJAMAAH

247. Assalamu’alaikum wr wb pa ustad saya seorang ibu rumah tangga, saya mau tanya pak ustad masalah sholat, terus terang pak ustad saya hanya hafal surat-surat pendek, pak ustad, sehabis baca surat Al-fatihah, saya selalu baca surat Al-ikhlas dan An-Nas, terus menerus setiap sholat, yang saya mau tanyakan apa boleh pak ustad, saya membacanya terus-menerus setiap sholat, karena saya tidak bisa menghafal surat pendek yang lainnya terima kasih atas waktu nya pak ustad wasalam
JAWAB : BOLEH SAJA PERBAGUS YG SUDAH DIHAFAL SURATNYA & USAHAKAN MENAMBAH HAFALAN

248. Aslm’alaikum ustadz… Kalau menggerakkan telunjuk saat tahiyat gimana?  Boleh minta dalilnya…Syukran ustadz…
JAWAB : BOLEH/DISYARIATKAN
249. Assalamualaikum pak ustad.., waktu ramadhan yang lalu sampai ramadhan kemarin istri saya tidak puasa karena sakit di saluran ginjalnya, dokter sangat melarang karena harus banyak minum..saya mau tanya apakah dia harus membayar puasanya atau gimana pak.. sedangkan sekarang masih suka terasa sakitnya
JAWAB : KALO SEMBUH SEBELUM BLN RAMADHAN MENDATANG MK WAJIB QODHO,  TP  JIKA  MSH  SAKIT  MK  DIGANTI  DG  FIDYAH

250. Asslm ustad, pertanyaan saya, bagaimana hukum donor mata? Tks.
JAWAB : TIDAK BOLEH

Asuhan : Ust.ACHMAD ROFI’I, Lc.MM.Pd.
Buletin Tanya Jawab Ustadz Achmad Rofi’i 226-250 Title : Buletin Tanya Jawab Ustadz Achmad Rofi’i 226-250
Description : 226. Aslm ustad, ana putri, mau tanya ustad, jika sholat jamak takhir, misal maghrib dengan isya,...
Rating : 5


Artikel Terkait:

3 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr wb.
    Ustad, sy mau tnya apakah menikah dengan sepupu diperbolehkan? Kami saudara yang sama mbah buyutnya, dimana mbah buyut punya anak 3 cewek semua (A,B,C). Lha anak pertamanya(A) punya anak cewek M, M itu ibu saya (saya=perempuan). Anak keduanya (B) punya anak cowok Y, Y itu bapak dari cowok yang akan menikahi saya.
    Apakah boleh? hukumnya di ayat Al Qur'an mana? Bgmn menjelaskan ke orang tua yang masih minim pengetahuan agama tapi cenderung ke kejawen?
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. assalamu'alaikum ,,,,,,,
    maaf saya mw tanya cara nya gmn ya ?

    BalasHapus
  3. Dear Ustad,

    Assalamualaikum wr.wb

    Pertanyaan saya, Apakah saya wajib berzakat ketika berada di kondisi keuangan saya sekarang?

    Pertama-tama, saya adalah seorang muslim 28 tahun dan berkerja di sebuah perusahaan swasta. Gaji yang saya terima setiap bulannya sekitar Rp.12 juta. Sebelumnya saya belum pernah berzakat dan baru ramadhan ini saya mulai berpuasa setelah hampir 8 tahun tidak.

    Pada ramadhan kali ini, saya sedang banyak sekali pengeluaran. Dan ada pula pengeluaran yang sudah harus di lunasi ketika ramadhan berakhir. Yang paling besar pengeluaran saya adalah untuk membeli rumah pertama saya. Sekarang uang tabuangan saya sudah hampir habis dan sisanya harus saya pakai untuk membayar biaya akad kredit KPR besarnya 18jt bulan agustus 2013 yang Saya pun belum punya sebesar itu. Jadi saya pikir nanti pun harus berhutang untuk membayarnya.

    Saya ragu apakah saya wajib berzakat? Bisa kah ini saya ganti nanti di bulan-bulan selanjutnya ketika keuangan saya sudah stabil?

    Terima Kasih

    Wassalam

    BalasHapus

 

Rindu Tulisan Islam - All Right Reserved.